Minggu, 06 Mei 2012

Bagaimana Menjadi Warga Indonesia Yang Baik


Indonesia adalah salah satu Negara yang berdemokrasi yang memiliki beberapa pulau yang banyak dibanding Negara-negara yang lain. Selain itu, Indonesia juga terkenal dengan kekayaan alamnya yang melimpah. Oleh karena itu, pada masa penjajahan Indonesia termasuk salah satu Negara sasaran yang diincar-incar oleh kaum penjajah, ditambah lagi sumber daya manusia yang dimiliki oleh bangsa Indonesia saat itu sangat rendah. Akhirnya, kaum penjajah berhasil memjajah Indonesia dan merampas hak-hak yang dimiliki oleh bangsa Indonesia secara membabibuta, bahkan hampir seluruh pulau–pulau yang ada di Indonesia berhasil dikuasai oleh kaum penjajah. Hingga akhirnya, bangsa Indonesia geram atas tindak-tanduk yang diperbuat oleh kaum penjajah. Olehnya itu, bangsa Indonesia bertekad dan berusaha untuk bersatu mengusir dan menghapuskan penjajahan di atas muka bumi Indonesia serta bertekad dan berusaha untuk memerdekakan Republik Indonesia. Dan akhirnya, seluruh pengorbanan yang dilakukan oleh bangsa Indonesia baik itu berupa materi maupun nyawa tidak si-sia, bangsa Indonesia berhasil mencapai kemerdekaan Negara Indonesia.
Kini, Indonesia telah merdeka. Namun sayangnya tidak untuk bangsa Indonesia, mengapa? Karena masih banyak kita jumpai kemiskinan yang merajalela, masalah-masalah keasusilaan, pemimpin-pemimpin yang munafik, dan masih banyak lagi yang tidak bisa diungkapkan. Padahal kita harusnya bersyukur atas kemerdekaan Indonesia dan berterima kasih kepada Allah dan pahlawan-pahlawan yang telah banyak berjasa kepada bangsa Indonesia dengan jalan tetap mempertahankan kemerdekaan Indonesia. Bagaimana kita bisa mempertahankan kemerdekaan Indonesia? Sedangkan kini sangat banyak kita jumpai bentrok-bentrok dan pelakunya itu bukanlah orang asing melainkan sesama bangsa Indonesia dan hal itu sangatlah memalukan. Dengan kata lain, kita masih terjajah di Negara sendiri. Apakah kita tidak malu dan tidak merasa bersalah terhadap peahlawan-pahlawan yang telah berjasa terhadap kita semua? Jangankan malu dan merasa bersalah, pada diri kita sendiri saja kita tak merasa malu dan tidak merasa bersalah sedikitpun dan salah satu penyebabnya adalah menyelepehkan aturan-aturan yang telah ditetapkan.
Keadilan di Indonesia saat ini telah menjadi harga mati, yang salah dibenarkan dan yang benar disalahkan, bagaimana kebenaran itu terungkap sedangkan saat ini kebenaran selalu dibungkam. Saat ini di Indonesia, segalanya bisa dibeli dengan uang, apapun itu. Maka dari itu, sering kita jumpai yang lemah selalu ditindas oleh yang berkuasa tanpa menghargai perasaan orang lain dan selalu saja mereka mengambil hak-hak yang bukan merupakan miliknya.
Kita sebagai warga Indonesia yang baik, harus menghentikan semuanya dengan cara member contoh yang baik terhadap masyarakat di mana pun kita berada., mematuhi segala aturan bukan karena takut dihukum tapi mematuhi segala aturan karena kesadaran diri sendiri. Saling menghargai, rendah hati, adil, bijaksan, jujur, dan amanah adalah sikap dan sifat yang harus kita miliki sebagai warga Indonesia yang baik. Kalau semua itu telah kita miliki, pasti kehidupan bangsa Indonesia akan makmur, damai, dan sejahtera. Oleh karena itu, mulai detik ini kita harus berusaha berubah menjadi yang lebih baik, mulai dari diri sendiri dan seterusnya. Kalu bukan kita yang mulai, siapa lagi?

Created by:
Risya Risky Nurul Qur’ani

Tidak ada komentar:

Posting Komentar